Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor Halal Bi Halal Dengan Tuan Syech Ali Akbar Marbun


Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, Tuan Syech Ali Akbar Marbun, Kepala Dinas Kominfo, Drs. Hotman Hutasoit

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bersama Sekdakab Saul Situmorang SE MSi   dan beberapa pimpinan SKPD  antara lain Inspektur Drs BP Siahaan MM, Kadis Kominfo Drs Hotman Hutasoit, Kadis Pendidikan Drs Jamilin Purba MM, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Drs Rudolf Manalu, Kadis Perpustakaan dan Arsip Drs Lautdin Sitinjak, Kadis Perkim Ir Rockefeller Simamora, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Drs Elson Sihotang, Plt Kadis Tenaga Kerja Domu Lumbangaol SPd, Plt Badan Kesbang Drs Houtman Sinaga,  Kabag Umum Rommel Silaban dan Kabag Kesos dr Sugito Panjaitan halal bi halal ke pimpinan Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar di Jalan Pelajar Timur Medan  Tuan Syech Ali Akbar Marbun dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Minggu (25/6).

Hadir juga dalam silahturahmi itu Mantan Deputi Bidang Luar Negeri BIN Mayjend TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan PhD, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 18 Jayapura/BBPJN 18 Ir Osman H Marbun M.MT, Kabid Pembangunan dan Pengujian Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 2/BBPJN-2 Medan Ir Jhon Sudirman Damanik MM dan lainnya. Kehadiran rombongan itu diterima pimpinan Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar Tuan Syech Ali Akbar Marbun.

Mengawali pertemuan, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengatakan kehadiran Pemkab Humbang Hasundutan untuk menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H kepada Tuan Syech Ali Akbar Marbun dan umat Muslim yang ada di Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar. “Kami tahu, bapak Tuan Syech Ali Akbar Marbun sangat peduli dengan masyarakat Humbang Hasundutan, sehingga sangat kami harapkan dukungan dalam pengembangan pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Kami sangat mengharapkan dukungan itu, karena Bapak Tuan Syech sebagai orangtua masyarakat Humbang Hasundutan. Kecamatan Baktiraja, seperti yang disampaikan Tuan Syech sebelumnya akan kami jadikan sebagai kota budaya. Ini sudah dibicarakan Pemkab Humbang Hasundutan dengan Menteri Pariwisata” ujar Bupati Humbahas.
Osman Marbun dalam silahturahmi itu mengatakan saat ini hari kemenangan, ada syukur, bahagia dalam Hari Raya Idul Fitri bagi seluruh umat Muslim. Bahkan kemenangan semua umat. “Kami mendoakan oppung (Tuan Syech Ali Akbar Marbun) supaya sehat-sehat. Oppung merupakan pemuka masyarakat, pembimbing masyarakat khususnya di Sumatera Utara bahkan di Indonesia untuk bisa tetap mempersatukan NKRI” kata Osman. Putra Humbang Hasundutan itu juga sangat mendukung program Bupati Humbang Hasundutan dalam mengembangkan wisata di Baktiraja. Bahkan bila perlu dibangun museum budaya di Baktiraja Humbang Hasundutan.
Ucapan Hari Raya Idul Fitri juga disampaikan Brigjen (Purn) Sumiharjo Pakpahan. Purnawirawan TNI mengaku bahwa dirinya sudah keliling Indonesia. Tapi sosok Ali Akbar Marbun sangat jarang ditemukan. Karena Tuan Ali Akbar Marbun sangat bersahaja dan sangat merakyat. Bukan hanya tokoh agama tapi tokoh masyarakat dan tokoh pendidik. Ini sangat jarang dimiliki seseorang tapi Oppung Tuan Syech Ali Akbar memiliki kemampuan itu. Oppung juga seniman dan pecinta musik, sehingga ketokohan itu semua dimiliki Oppung. “Jadi saya pantas sangat bangga kepada Oppung, semoga Oppung bisa menciptakan orang-orang Batak yang bernaung di pesantren ini bisa menjadi orang-orang yang dibanggakan di Indonesia” harap Pakpahan.
Sementara Ali Akbar Marbun mengatakan sangat bahagia atas kehadiran Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dan rombongan dalam rangka silahturahmi Hari Raya Idul Fitri di Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar. Bahkan dari Papua juga hadir dalam silahturahmi ini. Tokoh NU itu menjelaskan, kalau sudah kumpul “Dalihan Na Tolu” amanlah semua. Mengenai wisata di Baktiraja, jangan hanya mengikuti sejarah tapi harus bisa membuat sejarah. Kecamatan Baktiraja yang dulunya Bakkara merupakan sejarah kelahiran Raja Sisingamangaraja.  Raja Batak yaitu Sisingamangaraja tidak pernah memungut pajak dari rakyat dan tidak mau tunduk kepada penjajah. Jadi Baktiraja harus diangkat dan dikembangkan sebagai kota Internasional.  “Batak harus bisa sebagai ikon perdamaian di Indonesia, bila perlu mari kita manortor di senayan” ajak Ali Akbar Marbun.
Dalam silahturahmi itu, penuh kebahagian dan rasa kekeluargaan. Sebelum acara dimulai, diawali dengan lantunan lagu-lagu Batak. Lagu pertama dinyanyikan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor dengan lagu “Burju Ni Da Inang I”. Selanjutnya lagu trio dengan personil Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Ali Akbar Marbun dan Osman Marbun dengan judul “Na Sonang Do Hita Nadua” tapi di ubah liriknya menjadi “Na Sonang Do Hita Sude Na” dipandu Tuan Syech Ali Akbar Marbun. Bukan hanya itu saja, lagu “Tangiang Ni Dainang I” juga dipersembahkan Budi Marbun. Lagu terakhir yang juga di pandu Ali Akbar Marbun yaitu lagu kebangsaan kedua “O Tano Batak” dan seluruh undangan yang hadir diajak berdiri dan sama-sama menyanyikan. Sehingga suasana sungguh penuh rasa kekeluargaan dan kebersamaan. (rhs/Kominfo).